Tuesday, January 22, 2013

Salak Pondoh, Oleh-oleh Khas Yogyakarta


Salak Pondoh, merupakan salah satu oleh2 khas Yogyakarta, hubungi 082138909096 utk Pesan Layan Antar wilayah Jogja. Budidaya Salak Pondoh ini banyak dilakukan oleh petani di Turi, Sleman, Yogyakarta. Salak Pondoh Turi mempunyai tekstur dan rasa yang berbeda dibanding salak pondoh Sleman yang lain. Hal ini kemungkinan lebih disebabkan oleh kondisi tanah dan klimatologi daerah tersebut. Sehingga tidak heran jika kemudian pasar salak banyak yang menginginkan kiriman dari daerah tersebut. Kondisi ini ‘memaksa’ harga salak pondoh khususnya Salak Pondoh Turi menjadi lebih mahal dibanding salak pondoh sejenis.

Jenis Salak Pondoh
Salak pondoh mempunyai beberapa jenis yang dibagi berdasar :
a.       Tekstur rasa dan warna kulit :
Di samping jenis salak pondoh biasa yang memang bertekstur buah kres, rasa manis tanpa kesat dan asam, dibungkus warna kulit buah kecoklatan, ada jenis salak pondoh lain di pasaran, yaitu “ :

-         Salak Pondoh Madu, merupakan varian terbaru, dengan tekstur rasa sangat manis, paling manis dibanding yang lain, lebih kres ketika digigit. Jenis ini mulai banyak dibudidayakan, tetapi karena ketersediaannya saat ini masih sangat jarang ditambah rasa yang unggul dibanding jenis yang lain, maka tidak heran jika harga Salak Pondoh Madu ini masih relatif sangat mahal, sekitar 4 – 6 kali dari harga salak pondoh lainnya. Warna kulit hampir mirip dengan salak pondoh biasa, tetapi cenderung lebih mengkilap dengan jaring2 kulit relatif lebih lebar. Bagi orang awam relatif lebih susah membedakannya, sehingga hati2 memilih agar tidak tertipu oleh penjual yang nakal.
-         Salak Pondoh Gading, karena warna kulitnya coklat kekuningan (gading). Rasanya manis ada rasa agak asam menyegarkan.
-         Salak Pondoh Hitam, karena warna kulitnya relatif lebih gelap mendekati hitam dibanding salak pondoh sejenis yang lebih banyak berwarna kecoklatan. Rasa juga manis tanpa rasa kesat dan asam.

b.      Ukuran buah
Jika didasarkan pada ukuran buah, maka biasa diklasifikasikan :
-         Biasa, ukurannya berkisar 75 gr ke bawah per buahnya. Bahkan yang grade lebih kecil lagi biasanya dipake strategi oleh penjual di pinggir jalan dengan menuliskan harga serendah-rendahnya untuk memancing pembeli.
-         Super, ukurannya antara 75 – 90 gr per buah sehingga relatif besar2 dan biasanya emang sudah cukup masak di pohonnya.
-         Super Plus, ukurannya besar2 sekitar 90 – 100 gr per buah. Yang sangat membedakan dengan Super adalah tiap buahnnya berisi 3 biji-daging  buah, sehingga tampak lebih padat. Sedangkan yang besar tetapi jika daging buahnya hanya 2, maka biasanya masuk grade Super.

c.       Daerah asal
-         Salak Pondoh Turi, sebagai daerah asal munculnya bibit salak pondoh. Dengan tektstur tanah dan klimatologi yang berbeda maka Salak Pondoh Turi mempunyai keunggulan tersendiri dibanding daerah lain. Walaupun penilaian ini sangat relatif tergantung selera masing2 pasar-pembeli.
-         Salak Pondoh Nglumut, dibudidayakan di Desa Nglumut wilayah Kabupaten Magelang berbatasan dengan wilayah Sleman. Rata-rata ukuran buahnya juga relatif lebih besar, tetapi konon tekstur buah dan rasanya sedikit berbeda dibanding Salak Pondoh Turi.
-          Salak Pondoh Banjarnegara, dibudidayakan di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Bibit salak pondoh ini pertama kali juga didatangkan dari wilayah Turi, Sleman tetapi kemudian berkembang cukup baik di wilayah Banjarnegara ini.

ASLI Salak Pondoh
ASLI Salak Pondoh merupakan brand oleh2 khas Yogyakarta dengan mengkhususkan menyediakan produk salak pondoh. Demi menjaga kualitas produk, ASLI Salak Pondoh menyediakan salak pondoh fresh yang diambil dari kebun di wilayah Turi, Sleman langsung setelah ada pesanan.
ASLI Salak Pondoh dikemas dengan packing khusus yang eksklusif masing2 berisi sekitar 5 kg (tidak menyediakan ukuran yang lain). Packing eksklusif ini menjadi pembeda sebab selama ini salak pondoh ‘hanya’ dipacking menggunakan keranjang bambu, besek bambu ataupun kardus bekas. Padahal salak pondoh telah menjadi oleh2 yang sangat khas dari Yogyakarta, sehingga rasanya belum lengkap ketika dari Jogja tidak membawa oleh2 salak pondoh, disamping tentunya ada oleh2 lain yang khas semisal gudeg, bakpia, ataupun geplak. Tetapi ironinya hingga sebelum ASLI Salak Pondoh memulai belum ada packing yang ‘pantas’ untuk membawa oleh2 yang satu ini.
ASLI Salak Pondoh hanya mengambil dari kebun petani yang mempraktekkan pertanian organik, sehingga terhindar dari pupuk dan pestisida kimia demi mendukung kampanye hidup sehat. Dalam kenyataannya, disamping lebih sehat ternyata salak pondoh organik ini juga lebih kres, lebih manis, dan mempunyai daya tahan lebih lama dibanding yang masih menggunakan pupuk kimiawi.
Saat ini ASLI Salak Pondoh memfokuskan diri melayani pesanan langsung bagi orang2 yang sedang berkunjung ato berlibur ke Yogyakarta. ASLI Salak Pondoh bekerjasama dengan hotel, penginapan, biro travel di wilayah Yogyakarta untuk mengkolektif pesanan. Pesanan via SMS ke 082138909096 akan segera dilakukan Layan Antar ke pemesan yang berada di wilayah Yogyakarta. Tidak dikenakan biaya tambahan untuk layanan Pesan Antar ini.
 ASLI Salak Pondoh sementara ini ‘hanya’ melayani salak pondoh fresh dengan jenis Madu, Super Plus, Super dan Gading. Semuanya asli dari kebun petani organik di wilayah Turi, Sleman, Yogyakarta. Ke depan direncanakan ASLI Salak Pondoh juga akan menyediakan produk olahan dari salak pondoh, antara lain : dodol, bakpia, sirup, cake, keripik buah yang semuanya berbahan dasar salak pondoh ....